Mengenai Saya

Foto saya
saya adalah saya, bukan anda atau dia.

Kamis, 30 September 2010

apakah keadilan itu????

keadilan adalah sebuah perlakuan yang seimbang antara dua benda atau lebih. namun sepertinya, pengertian ini tidak kita cerna secara mendalam. kita masih terpatok oleh sebuat pengertian yang kontekstual. padahal dalam pengertian ini ada makna lain yang biasanya kita lupakan.

banyak kita jumpai, keadilan itu adalah di bagi rata dan sama. meskipun keadaan dua belah pihak tidak sama. contoh: seorang aorang tua memberikan uang saku pada dua anaknya dengan jumlah yang sama. yaitu 5000 perhari. padahal dua anaknya ini berbeda jenjang. yaitu yang satu SMA dan yang satu lagi SD. banyak manusia mengatakan bahwa kejadian itu adalah yang benar. karena keadilan yang mereka serap adalah dimana keadaan seimbang tanpa memperdulikan keadaan dua benda yang sedang di adili tersebut. dan itu salah total di berbagai masalah yang sama dengan cerita itu. lalu bagaimana dengan keadilan yang benar????

seimbang bukan hanya di nyatakan dalam pembagian beberapa buah benda yang sama. sama disini berarti sama keadaan, bukan sama dalam artian bentuk saja. contoh : seorang ibu memberikan dua bendah benda yang berbeda pada dua anaknya. yaitu yang besar untuk yang dewasa, dan yang kecil untuk yang masih SD. inilah situasi yang di katakan adil. karena kebutuhan sang anak yang dewasa lebih besar daripada anak yang kecil.

demikian pula banyak fenomena yang kita jalani sehari-hari. hendaknya kita perlakukan sesuai porsinya.

Tidak ada komentar:

Love is...
© membuka dunia! - Template by Blogger Sablonlari - Font by Fontspace